Minggu, 20 Januari 2013

Operasi Dasar pada CorelDraw

CorelDraw adalah editor grafik vektor yang dikembangkan oleh Corel, sebuah perusahaan perangkat lunak yang bermarkas di Ottawa, Kanada. CorelDRAW pada awalnya dikembangkan untuk sistem operasi Windows 2000 dan seterusnya. Versi CorelDRAW untuk Linux dan Mac OS pernah dikembangkan, namun dihentikan karena tingkat penjualannya rendah.

Operasi Dasar Pada CorelDraw
  •  Objek Garis
1.      freehand tool: alat ini digunakan untuk membentuk beragam garis lurus atau garis yang tidak beraturan.
2.      bezier tool: alat ini digunakan untuk membentuk beragam garis lurus dan garis yang tidak beraturan secara bersamaan.
3.      artistic media tool: alat ini digunakan untuk membentuk berbagai objek garis artistik.
4.      pen tool: pemakaian pen tool hampir serupa dengan pemakaian bezier tool.
5.      polyline tool: pemakaian polyline tool hampir sama dengan freehand tool.
6.      3 point curve tool: alat ini digunakan untuk membentuk garis melingkar dengan mudah dan cepat.
7.      connector tool: alat ini digunakan untuk menghubungkan beberapa objek gambar. Misalnya, membentuk garis penghubung alur diagram.
8.      dimension tool: alat ini digunakan untuk membentuk garis dimensi vertikal, horizontal, diagonal, dan sebagainya.
  • Objek Gambar       
1.      rectangle tool: alat ini dapat digunakan untuk membentuk objek persegi panjang atau persegi.
2.      ellipse tool: alat ini digunakan untuk membentuk objek lingkaran/elips.  
  • Objek Teks
Objek teks merupakan unsur yang paling sering digunakan pada rancangan grafis. Ada yang membuatnya sebagai logo, teks artistik, bahkan mengubah objek teks menjadi objek gambar. Objek teks dapat dibuat melalui text tool yang terdapat pada toolbox. Setelah itu, objek teks dapat diproses melalui pick tools. Objek teks dapat diproses sehingga membentuk bayangan, menjadi format 3D, dan lain-lain.
  • Objek 2D menjadi 3D
             Fasilitas yang dapat digunakan untuk membentuk objek 2D menjadi 3D adalah sebagai berikut:
    • extrude: format 3D dapat diatur melalui bagian presets yang ada pada fasilitas property bar.
    • bevel: bevel merupakan subalat untuk membentuk sudut dari suatu objek gambar/teks.
    • contour: dapat digunakan untuk menimbulkan efek 3D dari suatu objek gambar/teks dengan cara mengubah warna sisinya.
    • gradasi warna: gradasi warna dapat dibentuk menggunakan fill tool, interactive fill tool, atau mesh fill.
    • efek bayangan: CorelDRAW menyediakan interactive drop shadow yang merupakan subalat dari interactive effects tool untuk membuat efek bayangan dari objek gambar/teks.

Minggu, 25 November 2012

Direct mail


Direct mail adalah suatu format pemasaran yang mencoba untuk menyajikan konsumen potensi dengan suatu pesan mengenai suatu produk spesifik atau layanan yang spesifik bukannya sederhananya meningkat profil dari suatu merek, yang mana tujuannya adalah tentang iklan. Direct mail dapat  dicetak atau bentuk elektronik  dan kedua-duanya dikirim  langsung kepada suatu pemakai akhir untuk memperoleh suatu proses pembelian untuk membeli produk spesifik atau layanan tertentu.

Direct communication
Pemasaran dan pesan iklan untuk merek pada umumnya meningkatkan profilnya, sedangkan direct mail bertujuan untuk mengarahkan konsumen untuk membeli suatu tindakan tertentu. Misalnya, iklan Apple yang mendukung keseluruhan pendekatan penciptaan produk, sedangkan yang direct mail menginformasikan konsumen tentang produk baru yang dan aksesorinya sehingga mereka dapat membelinya.
Direct mail memiliki dua bentuk umum: email HTML yang dapat mengklik ke website atau situs mikro, dan komunikasi dicetak disebut mailouts 'door drop'. Keduanya umumnya ditargetkan menggunakan demografi konsumen yang informasi yang dikumpulkan dari bentuk tanggapan, Pendaftaran Produk formulir, kompetisi, pelanggan layanan bentuk dan metode yang serupa lainnya yang memiliki telah dikumpulkan dan dijual kepada perusahaan pemasaran.

Sabtu, 03 November 2012

UNSUR – UNSUR DALAM DESAIN PERMODELAN GRAFIS


UNSUR – UNSUR DALAM DESAIN PERMODELAN GRAFIS
Unsur Desain Grafis Terbagi 6 antara lain :
Ø  Garis (Line)
Ø  Bentuk (Shape)
Ø  Gambar / Ilustrasi
Ø  Warna, Teksture dan Cahaya
Ø  Huruf / Teks / Tipografi
Ø  Ruang Kosong (Space)
Kesemua unsur Adalah Pilihan bagi seorang desainer untuk memilihnya. Tidak mesti kesemua unsurdimasukkan dalam desain grafis sehingga tidak terkesan berlebihan.
1.      Garis (Line) adalah Merupakan sekumpulan titik yang dideretkan Menajang.
Ø  Berdasarkan orientasi, garis dibagi menjadi 4 antara lain:
·         Horisontal (garis lurus) : memberi kesan sugesti ketenangan atau hal yang tak bergerak .
·         Vertikal (garis lurus) : memberi kesan stabilitas ,kekuatan atau kemegahan.
·         Diagonal (garis lurus miring) : memberi kesan tidak stabil sesuatu yang bergerak  atau dinamika.
·         Kurva (garis melengkung) : memberikan kesan keanggunan, halus.

Ø  Berdasarkan gaya (style), garis dibagi menjadi:
·         Garis Kokoh (Solid)
·         Garis Titik (Dot)
·         Garis Strip (Dash)
·         Garis Strip-Titik (Dash Dot)
·         Garis Kaligrafi (Mata Pena Diagonal)
·         Garis Artistik (Free)

Ø  Tipe Ujung garis:
·         Ujung normal
·         Ujung panah
·         Ujung tumpul

Ø  Kombinasi Garis:
·         Kombinasi Horisontal-Vertikal, memberi kesan formal, kokoh, tegas
·         Kombinasi Diagonal, memberi kesan konflik, perang, benci, larangan atautidak sama
·         Kombinasi Kurva :
Spiral, memberi kesan kelahiran atau generasi penerus, dan hipnotis.
Setengah lingkaran, memberi kesan kekokohan.
Gelombang, memberi kesan mengalir, lembut, gemulai.
·         Kombinasi pada sudut: sudut tajam, sudut tumpul cembung, sudut tumpulcekung, sudut patah.
·         Kombinasi pengulangan, memberi kesan irama, riang, tenang, malas, stabil.Zig zag memberi kesan bergairah, semangat, dinamika atau gerak cepat.
·         Kombinasi pancaran, memberi kesan adanya jarak, kejauhan, focus, memusat, keluasaan, tanpa batas.

Menjelaskan Menu-Menu pada 3ds Max

MAIN TOOLBAR
Main toolbar pada 3D Studio Max mempunyai beberapa tool dengan berbagai jenis operasi untuk melakukan proses :

 Undo/Redo, memilih objek, transformasi, penggandaan
objek, edit curve, pembuatan texture dan rendering.

Beberapa perintah pada toolbar ini sangat penting untuk diketahui, karena tool-tool ini akan selalu digunakan untuk proses
pekerjaan pembuatan model objek dan pembuatan animasi 3D.

Senin, 26 Maret 2012

mengulas web lePMA gunadarma


Kali Saya akan mengulas subdomain gunadarma yaitu lePMA.
lePMA merupakan Lembaga Pengembangan Manajemen dan Akutansi Universitas Gunadarma
Jenis Web
Menurut saya website lePMA.gunadarma.ac.id adalah web dinamis dimana data-datanya dapat berubah-ubah dan memiliki sebuah database, jadi web dinamis adalah website yang selalu ada perubahan pada isi kontenya sedangkan web statis tidak bisa karena tidak memiliki database
Usability
Menurut penggunaanya lePMA bertujuan untuk memberitahu kepada semua mahasiwa khususnya Mahasiswa Manajemen dan Akuntasi untuk mengetahui apa saja informasi terbaru dari lePMA. Contohnya yaitu pendaftaran asisten lePMA yg sekarang telah ditutup karena surat-surat lamaran sedang di  proses diharapkan bersabar menunggu untuk dilakukan beberapa tes dan Menurut Jacob Nielsen, usability adalah sebuah atribut kualitas yang menilai tingkat kemudahan user interface untuk digunakan. Usability juga mengacu kepada metode untuk meningkatkan kemudahan penggunaan selama proses perancangan.
Desain Web
menurut saya kalo bicara desain atau styling untuk menampilkan web agar terlihat menarik dan indah itu harus menarik. untuk lePMA cukup baik namun masih terlihat standar seperti unsur text, dan backgrondnya pun terlihat seperti web standard kalo menurut saya.
Accesibility
Yaitu aksebilitas atau kecepatan peng-aksesan sebuah situs web dimana situs lePMA.gunadarma.ac.id sangat mudah dicari melalui akun google yang posisinya  berada paling atas.

Selasa, 13 Maret 2012

Menggunakan web dan data untuk membuat sebuah kompetisi bangunan hijau

Combo kompetisi, web dan data bisa menjadi kunci untuk mendapatkan teknologi bangunan lebih hijau, seperti pencahayaan LED dan panel surya atap, yang dikerahkan, menurut sebuah startup baru yang disebut Bangunan Jujur. Perusahaan enam-bulan , yang berencana untuk secara resmi diluncurkan pada akhir bulan ini, telah menciptakan sebuah situs yang mengumpulkan informasi tentang sebuah bangunan dan energi dari sumber-sumber seperti pemilik bangunan, penyedia layanan teknologi bangunan hijau dan database publik untuk membuat situs dan pergi ke tempat yang seharusnya membuat kedua transparansi dan ekosistem di sekitar teknologi green building.

Senin, 09 Januari 2012

Jelaskan perkembngan tv digital dan sebutkan perbedaan tv digital dengan tv analog

Perkembangan TV digital di Indonesia
Industri televisi Indonesia sudah dimulai sejak tahun 1962 dimulai dengan pengiriman teleks dari Presiden Soekarno yang berada di Wina kepada Menteri Penerangan Maladi pada 2 Oktober 1961. Presiden Soekarno memerintah Maladi untuk segera mempersiapkan proyek televisi. TVRI adalah stasiun televisi pertama yang berdiri di Indonesia. TVRI melakukan siaran percobaan pada 17 Agustus 1962 dengan pemancar cadangan berkekuatan 100 watt. TVRI mengudara untuk pertama kali tanggal 24 Agustus 1962 dalam acara siaran langsung upacara pembukaan Asian Games IV dari Stadion Utama Gelora Bung Karno. Sejak saat itu dirintis pembangunan stasiun televisi daerah pada akhir tahun 1964. Kemudian dibentuk stasiun-stasiun produksi keliling (SPK) tahun 1977 sebagai bagian produksi dan merekam paket acara untuk dikirim dan disiarkan melalui stasiun pusat TVRI Jakarta di beberapa ibu kota provinsi. Konsep SPK diadopsi oleh beberapa stasiun televisi swasta berjaringan tahun 1990-an. Televisi swasta menggunakan kanal frekuensi ultra tinggi (UHF) dengan lebar pita untuk satu program siaran sebesar 8 MHz.