Sabtu, 03 November 2012

Menjelaskan Menu-Menu pada 3ds Max

MAIN TOOLBAR
Main toolbar pada 3D Studio Max mempunyai beberapa tool dengan berbagai jenis operasi untuk melakukan proses :

 Undo/Redo, memilih objek, transformasi, penggandaan
objek, edit curve, pembuatan texture dan rendering.

Beberapa perintah pada toolbar ini sangat penting untuk diketahui, karena tool-tool ini akan selalu digunakan untuk proses
pekerjaan pembuatan model objek dan pembuatan animasi 3D.


Berikut ini adalah tampilan Tool Bar yang terletak di bawah menu bar :


Undo
Berfungsi sebagai history pallete, yaitu untuk kembali ke perintah sebel-
umnya dari setiap operasi atau proses yang sudah dilakukan sebelumnya.
Kedalaman tingkatan Undo dapat dilakukan beberapa kali menurut kehendak kita, yaitu
sebanyak nilai tertentu yang kita tetapkan pada setting Undu. Untuk membuka dialog
setting Undu, pertama-tama pada menu bar klik Customize > Preference Setting >...

Redo
Berfungsi sebagai kebalikan dari Undo, atau untuk membatalkan perintah
Undo. Tingkat kedalaman Redo sesuai dengan tingkat kedalaman Undo.

Link

Fasilitas ini fungsinya digunakan untuk menghubungkan satu objek dengan
objek lain, sehingga membentuk suatu hierarchy atau ikatan tersendiri antara kedua objek
tersebut (hubungan antara parent dan child).




Unlink
Berfungsi untuk melepaskan hubungan hierarchy  antara dua objek yang
telah di link, atau sebagai kebalikan dari perintah Link.

Bind to Space Warp
Berfungsi untuk menghubungkan objek dengan fasilitas
pembentuk efek, gunanya untuk menghasilkan animasi special efek.
Contohnya dapat digunakan untuk membuat gelombang air, kibaran bendera, dll.




Select Object 
Berfungsi untuk memilih/mengaktifkan objek pada viewport.
Tombol ini akan sangat sering digunakan, karena untuk transformasi pengeditan atau
mengubah sebuah objek, menganimasikan objek, merubah modifier atau operasi lainnya,
langkah pertama adalah melakukan pemilihan objek. Sebuah objek wireframe yang ter-
pilih akan berubah warnanya menjadi putih, sedangkan objek yang  solid karena smooth
highlights akan menampilkan box yang melingkupi objek tersebut.

Select by Name
Bila tombol ini diaktifkan maka akan ditampilkan window se-
lect object yang berisi data teks dari nama-nama objek yang ada pada viewport. Operasi
pemilihan dapat dilakukan dengan mengaktifkan daftar nama-nama yang akan dipilih,
selanjutnya tekan tombol select.

perintah ini akan sangat berguna bilamana terdapat banyak objek pada viewport.

Select Region Flyout
Memilih Objek Satu Persatu Secara Manual.
Pertama pilih salah satu objek yang  dikehendaki, lalu  gunakan  keyboard tekan dan
tahan tombol Ctrl dan selanjutnya klik lagi pada vieport yang dipilih,


Select and Move
Fungsi dari tombol ini digunakan untuk memilih objek yang
sekaligus dapat juga digunakan untuk memindahkan atau menggeser posisi dari objek
yang terpilih tersebut. Proses pemindahan objek tersebut dapat mengikuti aturan sesuai
dengan batasan sumbu X atau Y atau Z atau XYZ.

Select and Rotate
Fungsi dari tombol ini digunakan untuk memilih objek yang
sekaligus dapat juga digunakan untuk merotasikan atau memutar objek yang terpilih
tersebut. Proses perputaran objek tersebut dapat ditentukan menurut batasan dari salah
satu sumbu X atau Y atau Z.









Mirror
Fasilitas ini digunakan untuk menduplikasi atau mencerminkan objek
dengan mengatur pilihan-pilihan pada dialog mirror, yang hasil duplikasi dan pencer-
minannya ditentukan oleh pilihan dari salah satu sumbu X, Y, X atau XY, XZ, YZ pada
coordinate screen.



Name Selection Set
Masukan nama objek kedalam kotak masukan

Snapshot
menggandakan objek dari particle systems dan animasi.
Spacing Tool
membuat jarak diantara objek dari proses.
 
VIEWPORT
Saat kita membuka program 3D Studio Max, maka tampilan layar kerja program ini,
adalah seperti berikut



Viewport adalah ruang kerja/layar kerja, tempat dimana kita dapat melakukan proses pekerjaan dalam membuat animasi.








0 komentar:

Posting Komentar