MAIN TOOLBAR
Main toolbar pada 3D Studio Max mempunyai beberapa
tool dengan berbagai jenis operasi untuk melakukan proses :
|
Undo/Redo, memilih objek, transformasi, penggandaan
|
objek, edit curve, pembuatan texture dan rendering.
|
Beberapa perintah pada toolbar ini sangat penting untuk diketahui, karena tool-tool ini
akan selalu digunakan untuk proses
|
pekerjaan pembuatan model objek dan pembuatan animasi
3D.
Berikut
ini adalah tampilan Tool Bar yang terletak di bawah menu bar :
Undo
|
Berfungsi
sebagai history pallete, yaitu untuk kembali ke perintah sebel-
|
umnya dari
setiap operasi atau proses yang sudah dilakukan sebelumnya.
|
Kedalaman
tingkatan Undo dapat dilakukan beberapa kali menurut kehendak kita, yaitu
|
sebanyak nilai
tertentu yang kita tetapkan pada setting Undu. Untuk membuka dialog
|
setting Undu,
pertama-tama pada menu bar klik Customize > Preference Setting >...
|
Redo
|
Berfungsi
sebagai kebalikan dari Undo, atau untuk membatalkan perintah
|
Undo. Tingkat
kedalaman Redo sesuai dengan tingkat kedalaman Undo.
|
Link
|
Fasilitas ini
fungsinya digunakan untuk menghubungkan satu objek dengan
|
objek lain,
sehingga membentuk suatu hierarchy atau ikatan tersendiri antara kedua objek
|
tersebut
(hubungan antara parent dan child).
|
Unlink
|
Berfungsi
untuk melepaskan hubungan hierarchy
antara dua objek yang
|
telah di link,
atau sebagai kebalikan dari perintah Link.
|
Bind
to Space Warp
|
Berfungsi
untuk menghubungkan objek dengan fasilitas
|
pembentuk efek,
gunanya untuk menghasilkan animasi special efek.
|
Contohnya dapat
digunakan untuk membuat gelombang air, kibaran bendera, dll.
|
Select Object
|
Berfungsi untuk
memilih/mengaktifkan objek pada viewport.
|
Tombol ini akan
sangat sering digunakan, karena untuk transformasi pengeditan atau
|
mengubah sebuah
objek, menganimasikan objek, merubah modifier atau operasi lainnya,
|
langkah pertama
adalah melakukan pemilihan objek. Sebuah objek wireframe yang ter-
|
pilih akan
berubah warnanya menjadi putih, sedangkan objek yang solid karena smooth
|
highlights akan
menampilkan box yang melingkupi objek tersebut.
|
Select
by Name
|
Bila tombol ini
diaktifkan maka akan ditampilkan window se-
|
lect object yang
berisi data teks dari nama-nama objek yang ada pada viewport. Operasi
|
pemilihan dapat
dilakukan dengan mengaktifkan daftar nama-nama yang akan dipilih,
|
selanjutnya
tekan tombol select.
|
perintah ini
akan sangat berguna bilamana terdapat banyak objek pada viewport.
|
Memilih
Objek Satu Persatu Secara Manual.
|
Pertama pilih
salah satu objek yang dikehendaki,
lalu gunakan keyboard tekan dan
|
tahan tombol Ctrl dan selanjutnya klik lagi pada vieport yang dipilih,
Select and Move
|
Fungsi dari
tombol ini digunakan untuk memilih objek yang
|
sekaligus dapat
juga digunakan untuk memindahkan atau menggeser posisi dari objek
|
yang terpilih
tersebut. Proses pemindahan objek tersebut dapat mengikuti aturan sesuai
|
dengan batasan
sumbu X atau Y atau Z atau XYZ.
|
Select and
Rotate
|
Fungsi dari
tombol ini digunakan untuk memilih objek yang
|
sekaligus dapat
juga digunakan untuk merotasikan atau memutar objek yang terpilih
|
tersebut. Proses
perputaran objek tersebut dapat ditentukan menurut batasan dari salah
|
satu sumbu X atau Y atau Z. |
|
|
|
|
|
|
|
Mirror
|
Fasilitas ini
digunakan untuk menduplikasi atau mencerminkan objek
|
dengan mengatur
pilihan-pilihan pada dialog mirror, yang hasil duplikasi dan pencer-
|
minannya
ditentukan oleh pilihan dari salah satu sumbu X, Y, X atau XY, XZ, YZ pada
|
Name
Selection Set
|
Masukan nama
objek kedalam kotak masukan
|
Snapshot
|
menggandakan
objek dari particle systems dan animasi.
|
Spacing
Tool
membuat jarak
diantara objek dari proses.
|
VIEWPORT
Saat
kita membuka program 3D Studio Max, maka tampilan layar kerja program ini,
adalah seperti berikut
Viewport
adalah ruang kerja/layar kerja, tempat dimana kita dapat melakukan proses pekerjaan dalam membuat animasi. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
0 komentar:
Posting Komentar