Kamis, 17 April 2014

Komputasi Modern

Komputasi Modern

Komputasi modern mungkin merupakan kalimat yang jarang terdengar di telinga masyarakat  pada umumnya. Karena Komputasi modern adalah cara untuk menemukan pemecahan masalah/solusi dari data yang di input dengan menggunakan suatu algoritma tertentu. Komputasi merupakan suatu sub-bidang dari ilmu komputer dan matematika.
Karena selama ribuan tahun, perhitungan dan komputasi umumnya dilakukan dengan menggunakan pena dan kertas, atau kapur dan batu tulis, atau dikerjakan secara mental, kadang-kadang dengan bantuan suatu tabel. Sebenarnya sudah lama Komputasi Modern ini di cetuskan dan tokoh yaitu John Von Neumann, Beliau merupakan ilmuan besar saat ini. Beliaulah yang pertama kali menggagaskan konsep sebuah sistem yang menerima intruksi-intruksi dan menyimpannya dalam sebuah memory dan dikenal sebagai arsitektur komputer modern.
John Von Neumann

Komputasi modern digunakan untuk memecahkan suatu masalah yang ada, perhitungan komputasi modern yaitu seperti :
  • Akurasi (bit, floating point)
  • Kecepatan (dalam satuan Hertz - Hz.)
  • Problem volume besar (paralel)
  • Modeling (NN dan GA), dan
  • Kompleksitas (menggunakan Teori Bog O)
Seiring dengan terus berkembangnya komputasi, tentunya akan berpengaruh terhadap penggunaan hardware dan software yang digunakan untuk komputasi tersebut. Sehingga hal ini membuat adanya sebuah evolusi mesin yang digunakan untuk pemrosesan tersebut.

Selasa, 01 April 2014

Promosi diri



Nama saya adalah Permana Hermawan. Saya lahir di Bogor, 21 Agustus 1992.Saya adalah seorang mahasiswa jurusan Teknik Informatika jenjang strata 1 di Universitas Gunadarma. Saya mengambil jurusan Teknik Informatika

Saya pernah mengikuti workshop ”Oracle”, dan berbagai seminar di Universitas Gunadarma. Selama berkuliah di Universitas Gunadarma,Allhamdulilah saya mulai mengerti berbagai macam bahasa pemprogram , asalnya saya gak mengerti sama sekali karena saya dulunya sekolah di SMK Tabalong Kalimantan selatan, Jurusan Multimedia, dan pada saat SMK saya sempet PKL di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil disana saya di tempatkan dibagian Kependudukan dimana tugas saya yaitu melakukan Entri data. dari PKL itulah pertama kalinya saya mendapatkan  pengalaman pekerjaan dan Gaji.

Selama saya kuliah di Universitas Gunadarma, ketertarikan saya terhadap bidang informatika semakin terfokus pada bidang multimedia. Saya sangat tertarik dalam penggunaan aplikasi berbasis multimedia seperti Adobe Photoshop, Corel Draw, Flash, Blender dan Unity.
Sekian promosi tentang diri saya sendiri. Saya mengakui banyak kekurangan yang terdapat pada diri saya, maka dari itu saya sedang berusaha mencari sebuah kelebihan dari diri saya sendiri.

Senin, 31 Maret 2014

Penerapan Komputasi Modern



Komputasi Modern merupakan sebuah sistem yang akan menyelesaikan masalah matematis menggunakan komputer dengan cara menyusun algoritma yang dapat dimengerti oleh komputer yang berguna untuk menyelesaikan suatu masalah.  Dalam komputasi modern terdapat perhitungan dan pencarian solusi dari masalah. Perhitungan dari komputasi modern adalah akurasi, kecepatan, problem, volume dan besar kompleksitas.

Salah satu tokoh yang sangat mempengaruhi perkembangan komputasi modern adalah John von Neumann (1903-1957), Beliau adalah ilmuan yang meletakkan dasar-dasar komputer modern.Von Neumann telah menjadi ilmuwan besar abad 21. Von Neumann memberikan berbagai sumbangsih dalam bidang matematika, teori kuantum, game theory, fisika nuklir, dan ilmu komputer  yang di salurkan melalui karya-karyanya . Beliau juga merupakan salah satu ilmuwan yang terkait dalam pembuatan bom atom di Los Alamos pada Perang Dunia II lalu.

Komputansi modern mempunyai karakteristik komputasi modern yang terdiri atas 3 macam, yaitu :
1. Komputer-komputer penyedia sumber daya bersifat heterogenous karena terdiri dari berbagai jenis perangkat keras, sistem operasi, serta aplikasi yang terpasang.
2.    Komputer-komputer terhubung ke jaringan yang luas dengan kapasitas bandwidth yang beragam.
3.  Komputer maupun jaringan tidak terdedikasi, bisa hidup atau mati sewaktu-waktu tanpa jadwal yang jelas.

Minggu, 01 Desember 2013

Blok Diagram

BLOK DIAGRAM SISTEM PENGAJIAN


ASPEK PEMASARAN
·         Pemasaran
Aspek pemasaran merupakan faktor strtegis  atau kunci dari keberhasilan perusahaan, jika permintaan terhadap produk/ jasa yang dibuat kurang memadai seluruh kegiatan aspek-aspek yang lain tidak akan terwujud. Jika propek permintaan terhadap permintaan produk lebih kecil dari peawarannya maka sitem produksi produk tersebut tidak layak dilaksanakan.

·         Produk
 Dalam pemasaran, produk adalah segala sesuatu yang bisa ditawarkan ke pasar dan dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Kepuasan konsumen tidak hanya mengacu pada bentuk fisik produk, melainkan satu paket kepuasan yang didapat dari pembelian produk

·         Pesaing
Pesaing adalah perusahaan yang menghasilkan atau menjual barang/jasa yang sama atau mirip dengan produk yang kita tawarkan. Analisa pesaing adalah usaha mengedinfikasi ancaman, kesempatan atau permasalahan strategis yang terjadi akibat perubahan persaingan potensial, serta kekuatan dan kelemahan pesaing. Analisa persaingan dimulai dengan pesaing umum dan selanjutnya pesaing potensional. Ada dua cara untuk mengidentifikasi pesaing umum

·         Promosi
Promosi pada hakekatnya adalah suatu komunikasi pemasaran, artinya aktifitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi/membujuk, dan atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan,

Penggabungan Pengolahan Citra (Marging)



Makalah Pengolahan Citra
Penggabungan Pengolahan Citra
(Marging)



Nama :      1. Permana Hermawan (55410335)
2. Arief Putra M (51410051)

Kelas         : 4IA11




UNIVERSITAS GUNADARMA
2013


Pengertian Pengolahan Citra 

Pengolahan citra adalah setiap bentuk pengolahan sinyal dimana input adalah gambar, seperti foto atau video bingkai, sedangkan outputdari pengolahan gambar dapat berupa gambar atau sejumlah karakteristik atau parameter yang berkaitan dengan gambar. Kebanyakan gambar-teknik pemrosesan melibatkan atau memperlakukan foto sebagai dimensi dua sinyal dan menerapkan standar-teknik pemrosesan sinyal untuk itu, biasanya hal tersebut mengacu pada pengolahan gambar digital,tetapi dapat juga digunakan untuk optik dan pengolahan gambar analog. Akuisisi gambar atau yang menghasilkan gambar input di tempat pertama disebut sebagai pencitraan.
Pengolahan citra merupakan proses pengolahan dan analisis citra yang banyak melibatkan persepsi visual. Proses ini mempunyai ciri data masukan dan informasi keluaran yang berbentuk citra. Istilah pengolahan citra digital secara umum didefinisikan sebagai pemrosesan citra dua dimensi dengan komputer. Dalam definisi yang lebih luas, pengolahan citra digital juga mencakup semua data dua dimensi. Citra digital adalah barisan bilangan nyata maupun kompleks yang diwakili oleh bit-bit tertentu.
Umumnya citra digital berbentuk persegi panjang atau bujur sangkar (pada beberapa sistem pencitraan ada pula yang berbentuk segienam) yang memiliki lebar dan tinggi tertentu. Ukuran ini biasanya dinyatakan dalam banyaknya titik atau piksel sehingga ukuran citra selalu bernilai bulat. Setiap titik memiliki koordinat sesuai posisinya dalam citra. Koordinat ini biasanya dinyatakan dalam bilangan bulat positif, yang dapat dimulai dari 0 atau 1 tergantung pada sistem yang digunakan. Setiap titik juga memiliki nilai berupa angka digital yang merepresentasikan informasi yang diwakili oleh titik tersebut.
Format data citra digital berhubungan erat dengan warna. Pada kebanyakan kasus, terutama untuk keperluan penampilan secara visual, nilai data digital merepresentasikan warna dari citra yang diolah. Format citra digital yang banyak dipakai adalah Citra Biner (monokrom), Citra Skala Keabuan ( gray scale ), Citra Warna ( true color ), dan Citra Warna Berindeks.
Perangkat sistem pengolah citra dikelompokkan menjadi tiga bagian yaitu:
1. Perangkat keras (hardware)
2. Perangkat lunak (software)
3. Intelejensi manusia (brainware)
Ketiga pengelompokkan sistem pengolah citra tersebut sudah menjadi hal mutlak dalam pengolah citra. Dimana pada komputer-komputer saat ini sudah hampir dikatakan memenuhi standart spesifikasi untuk melakukan pengolahan citra. Namun kenyataanya masih banyak perangkat yang lainnya yang perlu kita lengkapi untuk melakukan pengolahan citra, bukan hanya sekedar komputer, melainkan perangkat-perangkat lainnya yang tidak include dalam sebuah komputer atau PC.

Selasa, 15 Oktober 2013

fitur border pada css3



Property Border
Property ini adalah untuk mengatur elemen yang mempunyai garis dengan berbagai variasi lebar,warna serta gaya suatu tampilan. Anda bisa membuat suatu garis antara kiri-kanan-atas-bawah dengan berbeda style. Berikut ini propertynya :
1.    border
Property ini untuk mengatur border secara keseluruhan
Selektor{border:normal}
Value lain : thin, thick, dashed, dotted, double, grove, hidden, inset, none , outset, ridge, solid

2.    border-width
Property ini untuk mengatur lebar border secara keseluruhan
Selektor{ border-width:thin}
Value lain : thick, medium

3.    border-top-width
Property ini untuk mengatur lebar border top
Selektor{ border-top-width:thin}
Value lain : thick, medium

4.    border-right-width
Property ini untuk mengatur lebar border right
Selektor{ border-right-width:thin}
Value lain : thick, medium

5.    border-bottom-width
Property ini untuk mengatur lebar border bottom
Selektor{ border-bottom-width:thin}
Value lain : thick, medium

Selasa, 08 Oktober 2013

Usaha Depot Air Isi Ulang



Air merupakan bagian vital kehidupan semua mahkluk hidup di muka bumi ini, termasuk juga manusia. Kebutuhan primer air bagi manusia sering digunakan untuk minum, memasak, mandi dan mencuci. Pentingnya masalah air bagi manusia bisa menjadi lahan bisnis untuk kita kembangka. Akhir – akhir ini, bisnis air isi ulang mineral semakin marak. Secara kualitas memang air yang dihasilkan cukup terjaga karena di suplai langsung oleh pendtribusinya dari mata air tertentu. Bisnis air isi ulang ini sangat menguntungkan karena tidak memerlukan keahlian khusus, tetapi dengan modal yang bisa dibilang sangat mahal.

A.    Memulai Bisnis
Dalam memulai bisnis Air mineral ada berbagai macam hal yang harus kita perhatikan
  • Pertama kita harus mempersiapkan tempat yang akan kita jadikan depot air isi ulang, untuk menjalankan bisnis ini kita harus memilih tempat yang strategis dan dilingkungan perumahan dan rumah pribadi.
  • Kedua siapkan mesin air minum isi ulang dari agen atau distributor yang anda pilih, satu paket biasanya terdiri dari mesin air, tabung penampungan, etalase pengisian, mesin cucian galon, filterisasi dan sterilisasi kurang lebih memerlukan biaya 25juta.
  • Ketiga dan yang terpenting kita harus selalu melakukan perawatan dan pembersihan pada mesin dan etalase agar kebersihannya terjaga.

B.     Hambatan Bisnis
Dalam menjalankan bisnis ada beberapa hal yang dapat menyebabkan atau hambatan dalam menjalankan bisnis ini diantaranya yaitu:

  • Mengabaikan kebersihan
  • Ditingalkan konsumen
  • Kuantitas penjualan tidak diimbangi dengan perawatan peralatan.

C.     Strategi Bisnis

  • Jika di wilayah anda sudah banyak bertebaran usaha seperti ini, maka anda harus memberikan layanan ekstra seperti antar jemput, bonus satu galon air untuk 5 kali pembelian, atau juga memberikan peminjaman galon gratis bagi pelanggan anda.
  • Melakukan proses yang terbuka agar konsumen dapat melihat langkah-langkah pengisan air.
  • Harus ramah dan sopan kepada pelanggan
  • Tempat usaha harus bersih dan rapi.
D.    Analisa Bisnis
Kita akan menganalisa keuntungan dalam usaha depot air minum isi ulang. Dengan asumsi pendapatan perhari paling sepi-sepinya pendapatan adalah 40 galon/hari.
Sekarang kita menghitung jumlah pengeluaran dengan asumsi pendapatan yaitu 40 galon/hari
  • 40 galon/hari  = 40 galon x 30 hari     = 1.200 galon
  •   8000 liter itu sekitar 10 hari   = Rp 280.000 x 3         = Rp. 840.000
  •  Tutup dan Tissue 1000pcs     = Rp 135.000               = Rp. 135.000
  •  Gaji karyawan                      = Rp 400.000               = Rp. 400.000
  •  Listrik                                  = Rp.  60.000                = Rp.   60.000
              • Total             = Rp . 1.435.000
  • Dengan asumsi harga air galon di jual dengan Rp. 3000/galon maka pendapatan yang diperoleh :
            • Harga pergalon Rp. 3.000 x 1.200    = Rp. 3.600.000
            •  Modal                                               = Rp. 1.435.000

                • Laba bersih          = Rp. 2.165.000


E.     Tahap Perekrutan Tenaga Kerja
Dalam melakukan perekrutan tenaga kerja saya mempekerjakan saudara yang masih belum bekerja dikarenakan dalam pengoperasian tidak perlu memiliki keahlian khusus untuk melakukan prosesnya, yang terpenting dia sopan dan rajin dalam bekerja, dan bisa mengendarai sepeda motor untuk antar jemput air mineral pada rumah-rumah yang telah menjadi langanan kita bila tidak bisa datang langsung ke depot kita.

F.      Tangung Jawab Sosial
Tangung jawab sosial kepada masyarakat, untuk usaha depot air isi ulang ini tidak ada karena sampah tutup botol di buang pada tempat yang sudah di siapkan oleh pengelola tempat usaha tersebut.