BLOK DIAGRAM SISTEM PENGAJIAN
ASPEK PEMASARAN
·
Pemasaran
Aspek pemasaran merupakan faktor
strtegis atau kunci dari keberhasilan perusahaan, jika permintaan
terhadap produk/ jasa yang dibuat kurang memadai seluruh kegiatan aspek-aspek
yang lain tidak akan terwujud. Jika propek permintaan terhadap permintaan
produk lebih kecil dari peawarannya maka sitem produksi produk tersebut tidak
layak dilaksanakan.
·
Produk
Dalam pemasaran, produk
adalah segala sesuatu yang bisa ditawarkan ke pasar dan dapat memenuhi
kebutuhan konsumen. Kepuasan konsumen tidak hanya mengacu pada bentuk fisik
produk, melainkan satu paket kepuasan yang didapat dari pembelian produk
·
Pesaing
Pesaing adalah
perusahaan yang menghasilkan atau menjual barang/jasa yang sama atau mirip
dengan produk yang kita tawarkan. Analisa pesaing adalah usaha mengedinfikasi
ancaman, kesempatan atau permasalahan strategis yang terjadi akibat perubahan
persaingan potensial, serta kekuatan dan kelemahan pesaing. Analisa persaingan
dimulai dengan pesaing umum dan selanjutnya pesaing potensional. Ada dua cara
untuk mengidentifikasi pesaing umum
·
Promosi
Promosi pada
hakekatnya adalah suatu komunikasi pemasaran, artinya aktifitas pemasaran yang
berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi/membujuk, dan atau mengingatkan
pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli dan
loyal pada produk yang
ditawarkan perusahaan yang bersangkutan,
ASPEK KEUANGAN
Aspek keuangan merupakan muara dari
semua aspek sebab keuangan implikasi dari seluruh program proyek yang harus
diperhitungkan. Berbagai hal yang menyangkut keuangan perlu dibahas mulai dari
awal perencanaan, periode persiapan, pelaksanaan pembangunan proyek dan periode
operasi ketika usaha berjalan. Kita bedakan periode tersebut menjadi dua yaitu
Periode Persiapan dan Periode Operasi.
Untuk lebih jelasnya kita bahas aspek
keuangan meliputi hal sebagai berikut :
A. Biaya Pra-operasi
Dalam membangun sebuah usaha perlu
diawali dengan pembuatan gagasan, penelitian tentang produk, pasar dan
aspek-aspek lain yang dipertimbangkan untuk diambil sebuah keputusan. Guna
keperluan tersebut mempunyai konsekuensi biaya yang harus dikeluarkan kita
sebut biaya pra-operasi. Penggunaan biaya tersebut keperluan penelitian,
perencanaan, studi kelayakan, perancangan (design), biaya konsultan dan biaya
pemasaran sebelum produk siap diluncurkan ke pasar. Biaya-biaya tersebut sudah
harus dikeluarkan sebelum diambil keputusan untuk melaksanakan proyek yang
dikelompokkan sebagai sunk cost atau investasi yang nilainya tetap dan telah
dikeluarkan semuanya tidak mempunyai sisa. Biaya tersebut dikeluarkan baik
usaha tersebut jadi dijalankan atau batal. Sun cost tidak dimasukkan dalam
perhitungan NPV karena biaya tersebut diluar perhitungan studi kelayakan usaha.
B. Rencana Kebutuhan Investasi
Rencana kebutuhan investasi bisa
diperhitungkan diawal perencanaan usaha yang meliputi seluruh pengeluaran
pembangunan proyek dengan dikelompokkan sebagai beiruk :
1. Biaya
pembangunan Fisik (Harta Tetap)
Biaya pembangunan fisik adalah biaya
yang dikeluarkan untuk pengadaan sarana dan prasarana seluruh kebutuhan proyek
yang meliputi pembelian tanah, pembangunan gedung, pembelian mesin-mesin, alat
kantor, furnitur dan kendaraan.
2. Biaya-biaya
Trial Run
Trial Run adalah uji coba kelancaran
operasi seluruh unit produksi hingga terwujudnya sebuah produk yang akan
dipasarkan. Kegiatan tersebut membutuhkan biaya antara lain beli bahan baku,
honor tenaga kerja, beli bahan bakar dan lain-lain sehingga tampak kegiatan
pabrik beroperasi sepenuhnya. produk sudah dapat dijual maka pendapatannya
masuk pada perhitungan biaya trial run. Sisa produk yang dihasilkan dalam trial
run dapat dijadikan persediaan awal barang jadi pada awal periode operasi.
Biaya trial run bisa dimasukkan sebagai harta tak berwujud akan disusutkan
dalam waktu tertentu.
3. Modal
Kerja
Yang dimaksud modal kerja adalah
dana yang dibutuhkan untuk operasi perusahaan sehari-hari dalam membuat produk
yang meliputi kebutuhan dana yang tertanam lancar dalam bentuk piutang usaha,
persediaan bahan baku, bahan dalam proses, barang jadi, bahan bakar dan bahan
bantu produksi lainnya. Termasuk sejumlah kas minimum untuk kebutuhan tak
terduga atau transaksi.
C. Sumber Dana
Sumber dana yang digunakan untuk belanja usaha bisa berasal modal sendiri dan pinjaman bank.
1. Modal Sendiri
Sumber dana yang digunakan untuk belanja usaha bisa berasal modal sendiri dan pinjaman bank.
1. Modal Sendiri
Modal sendiri adalah modal yang
dimiliki oleh pemegang saham, yang dinyatakan dalam akte pendirian perusahaan.
Umumnya jumlah dana yang tercantum dalam akte pendirian tersebut masih jauh
dari cukup untuk antisipasi kebutuhan dana investasi keseluruhan.
2.
Pinjaman
Guna kebutuhan modalkerja dan
membeli harta tetap dibutuhkan pinjaman dari bank atau lembaga keuangan
lainnya. Ketentuan besaran pinjaman, periode penarikan, cicilan, tingkat bunga,
jatuh tempo pelunasan dan biaya administrasi lainya dicantumkan dalam
perjanjian kontrakkredit yang disepakati antara pihak perusahaan dan bank.
D. Proyeksi Harga Pokok Produksi/ Penjualan
Proyeksi harga pokokpenjualan harus
didukung oleh volume proyeksi dan volume penjualan. Biaya produksi per unit
adalah total biaya produksi dibagi dengan volume produksi. Sedangkan harga
pokok penjualan per unit adalah total harga pokok penjualan dibagi dengan
volume penjualan.
E. Proyeksi Rugi-Laba
Proyeksi rugi-laba adalah gambaran
keuntungan operesasi usaha beberapa tahun kedepan. Untuk membuat proyeksi
rugi-laba harus dihitung terlebih dahulu proyeksi nilai penjualan, biaya
produksi dan biaya operasi. Biaya operasi biaya-biaya yang dikeluarkan untuk
kegiatan operasional kantor dan pemasaran produk. Biaya-biaya produksi dan
operasi dapat pula dikelompokkan ke dalam biaya variabel dan biaya tetap.
F. Proyeksi Arus Kas
Proyeksi arus kas bergna untuk
penyusunan proyeksi neraca. Arus kas merupakan catatan atas penerimaan (arus
kas masuk) dan pengeluaran (arus kas keluar) kas dalam satu periode. Sedangkan
selisih antara keduanya (masuk dan keluar) disebut arus kas bersih.
0 komentar:
Posting Komentar